Pages

Kamis, 19 Juli 2012

pengertian input dan output

Input – Output Unit

Input
1. Pengertian input (masukan) yaitu energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). Umumnya data yang diperlukan adalah sebagai masukan sistem yang diturunkan dari kebutuhan informasi.
________________________________________
2. Merupakan aktifitas pemberian data kepada komputer, dimana data tersebut merupakan masukan bagi komputer. Agar data dapat diterima oleh komputer dengan baik, komputer memiliki peralatan yang berfungsi untuk hal ini, yang disebut dengan input device.
Jika dianalogikan dengan manusia, manusia juga memiliki input device ini, diantaranya adalah mata, telinga, syaraf-syaraf, dan lain-lain. Masing-masing input device tentu berfungsi spesifik terhadap bagaimana informasi tersebut dapat diterima oleh manusia. Misalnya mata, mata digunakan sebagai input device untuk melihat, lalu data hasil penglihatan tersebut dikirimkan ke otak untuk diproses lebih lanjut, diabaikan atau informasinya disimpan di dalam ingatan.
Pada komputer, input device ini juga bermacam-macam, tergantung bagaimana proses input tersebut dilaksanakan. Bermacam-macam input device yang digunakan oleh komputer, contohnya adalah keyboard untuk mengetikkan informasi, (scanning devices) pembaca kode batang pada transaksi di supermarket, kamera untuk menangkap gambar, mouse sebagai pointing devices, digitising devices, audio-input devices, assistive input devices, dan lain sebagainya . Masukan yang didapatkan oleh input device tersebut informasinya dikirimkan ke pemroses (otaknya komputer) untuk diproses lebih lanjut, diabaikan atau informasi tersebut disimpan dalam media penyimpanan.
Keyboard
Saat ini, keyboard mempunyai bermacam-macam tipe contohnya :
Traditional (keyboard umum),
keyboard
Flexible (keyboard yang bisa dilipat),
flexible keyboard
Ergonomic (keyboard yang dirancang untuk meminimalkan kejang otot pada tangan),
ergonomic keyboard
Wireless (keyboard yang dijalankan tanpa menggunakan kabel),
wireless keyboard
PDA (menggunakan alat bantu seperti “pulpen” / light pen yang akan dipakai untuk mengetikkan informasi atau lainnya pada layar dengan cara menyentuhnya)
PDA
Fitur : - Numeric pads : dipakai untuk memasukkan angka dan simbol aritmatika.
- Toggle keys : berfungsi untuk meng-aktif/nonaktif-kan fitur pada keyboard (caps lock).
- Combination keys : melakukan sebuah aksi ketika tombol yang dapat dikombinasikan ditekan.
- Keyboard shortcuts : bentuk alternatif untuk memilih suatu hal dari menu (Ctrl-X,Ctrl-C,dll).
- Programmable keys : melakukan tugas yang spesifik (function keys).
Pointing Devices
Perangkat yang berfungsi sebagai penentu atau penunjuk (pointing) yang mendukung proses komputerisasi bagi manusia. Pengaruh dari Pointing Device ini diantaranya adalah proses Click dan Drag. Contoh perangkat ini yaitu :
- Mouse : 1. Mechanical mouse, 2. Optical mouse, 3. Cordless (wireless) mouse
mouse
- Trackball (roller ball)
trackball
- Touch surface (touch pad)
touch pad
- Pointing stick
pointing stick
- Joystick
joystick1joystick2
- Touch screen
touch screen
- Light pen
light pen
- Stylus
stylus
Scanning Devices
Berupa :
- Optical Scanners
- Bar Code Readers
- Character and Mark | Recognition Devices
Pada Recognition Devices terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :
- Magnetic-ink character recognition (MICR)
Alat pembaca pengenal karakter tinta magnetik, banyak digunakan di bank-bank amerika untuk transaksi cek. Dibutuhkan tinta magnetik yg khusus supaya bisa dibaca oleh alatnya.
- Optical-character recognition (OCR)
Banyak dipergunakan di toko-toko serba ada untuk membaca label data barang yang dijual yang dicetak dengan bentuk (font) karakter OCR.
- Optical-mark recognition (OMR)
Banyak digunakan untuk penilaian test (test scoring). Jawaban dari tes yang diberikan dijawab di kertas mark sense form (dengan pensil 2B). OMR juga banyak digunakan untuk membaca hasil dari daftar pertanyaan (Questionarries), registrasi mahasiswa dsb.
Image Capturing & Digitising Devices
Untuk Image Capturing Devices contohnya :
- Kamera Digital
- Kamera Video Digital / webcams (web camera)
Untuk Digitising Devices contohnya :
- Graphics Table
- Digital Notebook
Audio-Input Devices
Audio input bisa mengambil banyak bentuk yang mencakup suara dan musik. Agar sebuah suara dapat diproses oleh sistem unit komputer, diperlukan Audio-input devices yang dapat meng-konversikan bentuk suara tersebut menjadi struktur yang akan diproses.
Voice recognition systems yaitu Pengenal suara yang mempunyai kemampuan untuk mengenal secara spesifik suara individual (Discrete-speech, Continuous-speech), mirip dengan pengenalan sidik jari. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menafsirkan kata-kata yang diucapkan oleh manusia. Dalam pengaplikasiannya dengan menggunakan teknologi ini, dapat memberi perintah kepada komputer secara lisan. Misalnya dengan menulis surat tanpa perlu mengetiknya. Untuk itu dibutuhkan sebuah mikrofon. Program semacam ini banyak jenisnya di antaranya adalah Via Voice dari IBM. Software pendukungnya yaitu : Voice command mode (memperkenankan user untuk memilih menu items, toolbars, dan dialog box options) dan Dictation mode (memperbolehkan user untuk dapat mendikte-kan sebuah teks sesuai dengan dokumennya)
Musical Instrument Digital Interface (MIDI) Merupakan standar untuk menghubungkan komputer dengan instrumen musik elektronik dan pemrosesan efek khusus. Format suara instrumen ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memilik synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.
Pada Input devices terdapat berbagai macam alat bantu, seperti : Keyboard alternatif, Mouse alternatif, Motion capture device (mengikuti gerakan suatu individu dan menerjemahkannya menjadi sebuah perintah yang bisa diikuti oleh komputer), dan Communication aids.
Output
1. Pengertian output (keluaran) yaitu hasil dari suatu proses, baik berupa data maupun berbentuk informasi yang telah diolah. Hasil dari energi yang diolah dan diklarisifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan (input) untuk subsistem yang lain. Misalnya untuk sistem komputer, panas yang dihasilkan adalah keluaran yang tidak berguna dan merupakan hasil pembuangan, sedangkan informasi adalah keluaran yang dibutuhkan.
________________________________________
2. Merupakan aktifitas menerima data dari hasil pengolahan pada bagian pemroses. Jika terdapat data pada aktifitas output ini, berarti pemroses menyerahkan tugas selanjutnya kepada bagian ini. Tentu saja pada bagian ini diperlukan juga peralatan yang bekerja, dimana peralatan tersebut disebut dengan output device.
Jika kita kembali ke analogi manusia, output device ini contohnya adalah tangan, dimana tangan berfungsi untuk menuliskan informasi yang dimintai oleh otak.
Pada komputer contoh output device ini adalah printer (pencetak). Ketika data output dari pemroses diterimanya maka printer akan melaksanakan tugas yang diterima dari pemroses tadi.
Output yang dihasilkan dari pengolahan dapat digolongkan ke dalam 3 macam bentuk (huruf, kata, angka, grafik, Gambar, suara). Dibutuhkan alat khusus (alat keluaran dapat berbentuk hard copy dan soft copy).
Monitor
Monitor mempunyai banyak tipe di antaranya :
- Cathode-ray Tube (CRT) monitor yang berteknologi seperti televisi.
- Flat-panel Monitor (LCD) Sebuah teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. Bila medan listrik diberikan, molekul menyesuaikan posisinya pada medan, membentuk susunan kristalin yang mempolarisasi cahaya yang melaluinya.
- Gas Plasma Monitor (plasma display) mengandung jutaan pixel.
- E-books (untuk membaca buku)
- Data projectors (untuk membuat sebuah presentasi)
- High-definition television (HDTV) home theatre-TV
monitor
Fitur : – Resolution = dinyatakan sebagai pixel-pixel matrik (picture elements)
Beberapa macam standar resolusi sebuah monitor :
- SVGA (Super Video Graphics Array) 800×600 pixels
- XGA (Extended Graphics Array) 1024×768 pixels
- SXGA (Super Extended Graphics Array) 1280×1024 pixels
- UXGA (Ultra Extended Graphics Array) 1600×1200 pixels
- Dot pitch = berupa jarak antara pixel
- Refresh rate = waktu yang diperlukan sebuah layar monitor untuk menggambar tiap detik.
- Size (viewable size) = ditentukan dengan panjang diagonal suatu area tempat monitor mengamati.
Printer
Berfungsi untuk menerjemahkan proses informasi dari sistem unit menjadi output dalam bentuk bentuk kertas (hardcopy). Tipe-tipe printer yaitu :
- Ink-jet printers
- Laser printers
- Thermal printers
- Dot-matrix printers
- Plotters
- Photo printers
- Portable printers
printer
Fitur :
- Resolution = tidak berbeda jauh dengan monitor, ditentukan dalam dot per inch (dpi).
- Colour capability
- Speed
- Memory = dokumen diproduksi lebih cepat jika mempunyai memori banyak.
Audio-Output Devices
Berbeda dengan Audio-input. Audio-output tugasnya adalah menafsirkan informasi audio dari komputer menjadi sebuah suara lewat perantaranya seperti speaker dan headphone.
Combination Devices
Diantaranya :
- Fax machines
- Multifunction devices (MFD) = kombinasi dari scanner + printer + fax + mesin fotokopi.
- Terminals (terbagi menjadi 4 bagian : Dumb, Intelligent, Network, Internet)
Seperti Input devices. Pada output juga terdapat alat bantu yang terbagi menjadi 3 macam, yaitu :
- Braille output devices
- Voice Output devices (Reading machines) = Mengkonversikan teks yang diprint ke bentuk suara.
- Screen readers = Mengkonversikan teks yang muncul di komputer ke bentuk suara. )

0 komentar:

Poskan Komentar