Pages

Rabu, 21 November 2012

cara mengetik 10 jari


Panduan Lengkap Cara Mengetik 10 Jari
Pada masa-masa liburan setelah lulus SMA, papa saya memberi saya kerjaan mengetik dokumen-dokumennya. Karena dokumennya lumayan banyak, dongkol juga rasanya ga selesai-selesai. Akhirnya saya coba-coba belajar mengetik 10 jari. Hasilnya, dalam satu minggu saya sudah bisa mengetik 10 jari. Yang tadinya tiap hari butuh 2 jam, bisa saya persingkat jadi 1 jam, bahkan kurang. Kalau diingat-ingat, gara-gara kerjaan itu saya bisa mengetik 10 jari.
Tips belajar mengetik 10 jari
OK. Jadi bagaimana caranya agar bisa mengetik 10 jari? Dalam satu minggu? Ada dua hal yang saya lakukan, yaitu:
1. Tidak melihat keyboard
Saya berjanji pada diri sendiri, untuk tidak melihat keyboard saat mengetik. Proses menghafal letak tombol saya lakukan ketika masih mengetik 11 jari (telunjuk-telunjuk). Setiap saya salah tekan tombol, saya mencari sendiri tombol backspace nya. Ini juga saya lakukan tanpa melihat keyboard.
Namun untuk Anda yang baru belajar mengetik dan ingin langsung belajar 10 jari, sebaiknya melihat tombol keyboard dulu agar hafal letak-letaknya. Setiap kali lupa letaknya, lihat sebentar dan tinggalkan lagi.
2. Tidak tergesa-gesa
Karena saya belum terbiasa mengetik 10 jari, saya melakukannya pelan-pelan. Yang penting saya menekan tombol yang benar. Seperti yang diungkapkan oleh typing-lessongs.org.
Slower is faster. Speed comes from certainty. The more you type things correctly, no matter how slow it has to be, the more certain you will be, and the faster you will become a proficient typist. Increase speed only when you feel sure enough to do so.
Kecepatan mengetik akan meningkat dengan sendirinya jika sudah ingat betul tata letak tombol dan sudah terbiasa.
Saya melakukan dua hal tersebut tiap harinya. Dan tidak pernah melanggarnya. Tiap harinya, kira-kira 1-2 jam yang saya habiskan untuk mengetik dokumen-dokumen. Hasilnya dalam satu minggu saya bisa mengetik 10 jari.
Pembagian tombol keyboard
Karena belum punya koneksi internet, dulu saya belajar sendiri tanpa panduan pembagian tombol keyboard. Saya hanya bermodal perasaan nyaman. Untuk menekan tombol tertentu, saya merasakan mana jari yang paling nyaman.
Itu saya dulu. Sekarang internet sudah gampang diakses. Berikut diagram pembagian tombol keyboardnya.
cara mengetik 10 jari
Keterangan: garis biru adalah batas antara tangan kiri dan kanan.
Latihan mengetik 10 jari
Berbagai latihan yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengetikkan huruf-huruf berikut ini berulang-ulang (ada yang merekomendasikan 20x):
  • asdfg hjkl;
  • qwert yuiop
  • zxcvb nm,./
  • 12345 67890
Ini bagus jika Anda punya waktu khusus untuk latihan mengetik 10 jari. Namun jika tidak punya waktu, menurut saya lebih baik Anda praktek langsung pada dokumen yang sedang Anda ketik. Kalau begitu butuh waktu lama? Memang. Hal ini karena kecepatan mengetik akan turun drastis. Untuk mengatasinya, sederhana saja, mulailah pekerjaan Anda lebih awal atau sediakan waktu lebih untuk menyelesaikan pekerjaan.
Sepertinya repot bukan? Memang demikian awalnya. Namun percayalah, jika hampir tiap hari Anda melakukannya, pasti akan terbiasa dan kecepatan mengetik Anda akan jauh lebih cepat dari sebelumnya. Produktivitas Anda pun meningkat.
Latihan mengetik sambil bermain
Jika punya waktu untuk bermain game, mungkin selama belajar mengetik 10 jari, sebaiknya Anda beralih ke game latihan mengetik. Ini lebih baik daripada main game yang tidak menghasilkan ilmu.
Favorit saya sendiri adalah website 10fastfingers.com. Di website ini Anda bisa mengukur kecepatan mengetik Anda. Kecepatan mengetik Anda pun dapat dibandingkan dengan milik orang lain. Tentu saja ini dapat menjadi motivasi tersendiri.
Atau jika Anda tidak ingin menggunakan internet, Anda dapat menggunakan aplikasi TypeFaster. Aplikasi ini gratis.
Anda ingin secepat mungkin bisa mengetik 10 jari? Lakukanlah tips-tips di atas sekarang juga.





















Cara cepat mengetik 10 jari
By Huteri Manza on May 2, 2010 in Tips & Trik
Setiap hari kita selalu berhadapan dengan yang nama nya komputer untuk mengetik ataupun untuk bermain.. dan sering kali kita menggunakan keyboard untuk berbagai hal. Misalnya untuk menulis surat, menulis nama, chatingan.. ataupun yang laen.. tapi sadarkah bahwa jari yang di pakai untuk mengetik itu selalu sama dan biasanya orang hanya menggunakan 7 jari saja untuk mengetik cepat.. Sebagai bukti aku yakin teman2 pasti jarang bahkan tidak pernah menggunakan jempol untuk mengetik padahal jempol akan sangat berguna jika di fungsikan dengan tepat dan sepuluh jari kita mempunyai tugas nya masing2 untuk mengetik.
Pertama untuk mahir mengetik 10 jari, terlebih dahulu kita harus tahu posisi jari yang tepat. Lihat gambar dibawah ini :
http://www.huteri.com/wp-content/uploads/2010/05/Keyboard_finger_chart.jpg
Tangan Kiri
Jari Kelingking :
Baris Pertama = ‘ dan 1
Baris Kedua = Tab dan Q
Baris Ketiga = Capslock dan A
Baris Keempat = Shift kiri dan Z
Baris Kelima = Ctrl dan Windows
Jari Manis :
Baris Pertama = 2
Baris Kedua = W
Baris Ketiga = S
Baris Keempat = X
Jari Tengah :
Baris Pertama = 3
Baris Kedua = E
Baris Ketiga = D
Baris Keempat = C
Jari Telunjuk :
Baris Pertama = 4 dan 5
Baris Kedua = R dan T
Baris Ketiga = F dan G
Baris Keempat = V dan B
Ibu Jari :
Baris Kelima = Alt kiri dan Spasi
Tangan kanan
Ibu Jari :
Baris Kelima = Alt kanan dan Spasi
Jari Telunjuk :
Baris Pertama = 6 dan 7
Baris Kedua = Y dan U
Baris Ketiga = H dan J
Baris Keempat = N dan M
Jari Tengah :
Baris Pertama = 8
Baris Kedua = I
Baris Ketiga = K
Baris Keempat = ,
Jari Manis :
Baris Pertama = 9
Baris Kedua = O
Baris Ketiga = L
Baris Keempat = .
Jari Kelingking :
Baris Pertama = 0, -, = dan BackSpace
Baris Kedua = P, [ dan ]
Baris Ketiga = , ;, ‘ dan Enter
Baris Keempat = / dan shift kanan.
Coba saja mengetik asal-asalan untuk membiasakan diri dengan posisi jari tersebut. Jika sudah terbiasa dengan posisi jari tersebut, anda dapat meningkatkan skill anda dengan mengecek speed mengetik pada situs mengetik cepat


0 komentar:

Poskan Komentar